butterfly

Penjelasan Tentang Kupu-Kupu

Berapa jumlah kaki pada kupu kupu?
Kupu-kupu adalah serangga holometabolous, yaitu jenis serangga yang berkembang dari embrio, menjadi larva, pupa dan akhirnya dewasa. Kupu kupu memiliki sekitar 165.000 spesies yang terbagi menjadi127 family.

Lebih dari 200 spesies kupu-kupu bermigrasi ke daerah lain karena cuaca dan beberapa faktor lainnya. Perjalanan kupu kupu sering menarik perhatian kita, berbagai warna indah membuat binatang ini terlihat sangat menarik.
Images Kupu-Kupu 
Berapa Jumlah Kaki Kupu-kupu 
Kupu-kupu dewasa memiliki antena, mata, tiga pasang kaki (6 buah kaki) dan exoskeleton keras. Tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian: kepala, dada dan perut. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh rambut-rambut sensorik kecil dan sayap berupa membran, sisik. Sayap digunakan untuk pengaturan suhu tubuh, menarik perhatian lawan jenis saat musim kawin.

Otot otot dada pada kupu kupu mengendalikan sayap dan kaki. Perut bertugas untuk pencernaan dan sebagai alat reproduksi.

Kupu kupu memiliki mulut panjang yang dapat digunakan untuk menyedot nektar bunga dengan mudah. Untuk sistem pembuluh darah kupu kupu bervariasi menurut fungsi dan jenis dari spesies kupu-kupu.
Siklus hidup kupu-kupu meliputi empat tahap: embrio, ulat atau larva, pupa dan dewasa.

Kehidupan kupu kupu dimulai setelah pacaran dan kawin, kemudian sang induk mencari tempat yang nyaman untuk menaruh tempat yang nyaman untuk meletakkan telur telurnya. Dari embrio atau telur kupu kupu berubah menjadi larva atau yang biasa dikenal dengan ulat. Dari ulat kemudian mereka mencari tempat yang aman untuk bersemedi menjadi pupaatau kepompong dan setelah menjadi kepompong, ulat akan berubah menjadi kupu kupu. Kehidupan dewasa terkadang sangat singkat, kadang-kadang hanya satu hari, dan terkadang hampir tidak memiliki waktu untuk berkembang biak karena di mangsa oleh predator atau karena masalah lainnya.

Images Kupu-Kupu Trasparan
Kupu-kupu Sayap Kaca di Pegunungan Andes.
Pada umumnya, kupu-kupu memiliki sayap yang beraneka warna, namun di daerah pegunungan Andes, terdapat kupu-kupu dengan sayap transparan alias bening.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu sayap kaca sering disebut glasswing butterfly.Di Spanyol, kupu-kupu cantik tersebut dinamai espejitos, yang berarti cermin.
Bila terkena sinar matahari, warna sayap serangga dengan nama latinGreta oto ini bisa berubah menjadi kuning, oranye, hijau, dsb. tergantung di mana kupu-kupu tersebut berada

Kenapa Transparan?
Sebenarnya, semua jenis kupu-kupu bersayap transparan. Sayap transparan itu terdiri dari sisik-sisik yang memiliki pigmen warna tertentu, yang membuatnya berwarna sesuai dengan warna pigmen yang dikandungnya.

Nah, kupu-kupu sayap kaca memiliki sisik sayap yang tipis dan hampir tidak ada, sehingga terkesan bening atau transparan.
Images Kupu-Kupu Anggrek
Kupu-kupu Memakai Arah Matahari untuk Pulang


Dalam zona beriklim sedang, ada beberapa daerah di mana terdapat bunga-bunga bagi kupu-kupu untuk menghisapnya, sehingga serangga indah yang kecil ini harus bermigrasi untuk mencari makanannya yang terbaik. 


Mereka akan terbang dalam garis lurus ke padang rumput yang berbunga-bunga, tapi setibanya di sana mereka mengubah perilaku mereka dan bertindak seolah-olah mereka tinggal di sana. 


Mereka menghisap bunga-bunga, berkawin, dan yang betina akan bertelur. Tapi hidup mereka yang indah di padang rumput hanya berlangsung dalam waktu yang singkat. Dalam beberapa menit atau beberapa hari,kupu-kupu meninggalkan padang pasir.

Kupu-kupu bermigrasi hanya pada waktu-waktu terpanas di siang hari dan hanya ketika matahari bersinar. Ketika matahari berada pada saat yang paling cerah, mereka membentangkan sayap ke sudut cakrawala.

Sebagai sudut perubahan Matahari, mereka mempertahankan sudut yang sama ke arah cakrawala. Karena sudut ini tetap konstan, arah mereka bergerak sekitar 15 derajat dalam satu jam. Namun tidak seperti spesies sedang, kupu-kupu tropis tidak mengubah arah migrational mereka sepanjang hari.
Images Kupu-Kupu Atlas Moth
Atlas Moth bisa ditemukan di Kepulauan Malay, kupu-kupu raksasa ini ukurannya bisa sebesar burung. Mereka demikian besar hingga kepompongnya terkadang dipakai untuk dompet di Taiwan. Lebarnya sekitar 30,5 cm dan bisa lebih dari 2,5 cm tebalnya.

Ngengat ini dinamai kupu-kupu gajah kemungkinan karena ukuran tubuhnya yang besar, seperti halnya gajah Dalam bahasa asing, disebut ngengat atlaskarena dikaitkan dengan tokoh mitologi Atlas; namun juga karena pola-pola di sayapnya menyerupai peta. Dalam bahasa orang Kanton di Houng Kong, namanya berarti "ngengat kepala ular", merujuk pada gambaran di ujung sayap depannya yang mirip kepala ular.

Lihat Juga Judul Di bawah ini :
50 Kata Motivasi

About Paul Siregar

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.